Suka makan brokoli? Ternyata sayur yang satu ini punya banyak manfaat. Selain mudah didapatkan dan mudah diolah, sayur ini juga bagus untuk kesehatan tubuh. Tak heran jika orang tua akan membiasakan anak-anak untuk mengonsumsinya. Berikut adalah 6 jenis kandungan gizi yang ditemukan dalam sayuran hijau ini.

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam sayuran ini sangatlah tinggi. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bisa meningkatkan imunitas dan melawan berbagai jenis infeksi virus maupun bakteri. Tak heran jika orang yang rajin mengonsumsi brokoli biasanya jarang jatuh sakit dan memiliki tubuh yang jauh lebih kuat. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga efektif menjaga kesehatan kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

2. Sulforaphane

Berikutnya ada kandungan zat yang bernama sulforaphane. Zat ini sebenarnya menjadi pemberi rasa pahit pada brokoli namun manfaatnya sangat banyak. Sulforaphane diketahui bisa menurunkan risiko penyakit kanker, terutama jenis kanker paru-paru dan kanker usus besar. Jadi rasa pahit yang ada pada sayuran hijau ini sebenarnya memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

3. Zat Besi

Sayuran ini juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Seperti kita tahu bahwa zat besi sangatlah penting bagi tubuh. Fungsinya begitu besar yaitu membantu proses pembentukan sel darah merah. Inilah salah satu alasan mengapa anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran tersebut karena bisa membantu mencegah terjadinya anemia. Zat gizi ini pula yang akan mendukung pertumbuhan anak jadi lebih optimal.

4. Kalium

Zat gizi berikutnya yang bisa ditemui pada sayuran ini adalah kalium. Kalium itu sendiri juga sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh. Fungsinya sangat beragam, salah satunya untuk menjaga kesehatan organ jantung. Kalium diketahui bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan hal ini juga akan berpengaruh pada stabilitas irama atau denyut jantung.

5. Kalsium

Tak hanya dari susu, ternyata kalsium juga bisa ditemui pada sayuran hijau seperti ini. Asupan kalsium yang memadai akan membantu memelihara tulang tetap sehat dan kuat. Kalsium ini akan membantu memelihara kepadatan tulang dan gigi. Selain itu asupan kalsium juga secara efektif akan menurunkan risiko terjadinya penyakit osteoporosis.

6. Serat

Sayuran hijau yang bisa direbus maupun digoreng ini juga kaya akan serat. Seperti diketahui bahwa serat memiliki fungsi penting bagi sistem pencernaan tubuh. Serat akan memperlancar kerja organ pencernaan sehingga BAB juga jadi lancar. Konsumsi secara rutin akan mencegah terjadinya sembelit dan membantu mengatasi masalah diare.

Konsumsi brokoli secara rutin sangat direkomendasikan karena ada banyak zat gizi penting yang terkandung di dalamnya. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai gizi melalui Orami Magazine. Banyak artikel gizi yang bisa dibaca di sana dan pastinya akan memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.