Berat badan anak  berusia 1 tahun yang tidak sesuai dengan kriteria  ideal sering meresahkan orang tua. Oleh karenanya Buah Hati kdang diberikan asupan tambahan berupa  susu penambah berat badan anak 1 tahun.

Namun sebenarnya yang paling baik untuk anak usia 1 tahun sumber makanan untuk mendapatkan berat badan yang sesuai standar adalah makanan alamiah. Karena pada masa  ini  ini buah hati sedang  belajar tentang bagaimana cita rasa makanan alami.

Macam Kandungan Nutrisi

Pasalnya, produk susu penambah berat badan anak 1 tahun ini memang diformulasikan dengan bahan nutrisi yang ditengarai dapat membantu kenaikan jumlah berat badan anak agar sesuai dengan standar ideal. Dengan pemakaian teratur maka anak dapat memiliki pertambahan jumlah berat badan sesuai dengan ketentuan.

Protein

Protein menyumbangkan fungsi yang cukup baik untuk menambah berat badan anak.  Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan massa otot secara signifikan. Sehingga, secara otomatis berat badan anak akan bertambah.

Protein pun menyediakan energi agar anak dapat beraktivitas. Namun, perlu diperhatikan bahwa sumber energi bagi anak yang terbaik bukanlah dari protein susu,  melainkan melalui konsumsi sumber alaminya.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kelebihan karbohidrat akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak sehingga otomatis berat tubuh anak akan naik.  Oleh karenanya selalu perhatikan asupan karbohidrat yang diperlukan agar anak tidak mengalami obesitas.

Kebutuhan kalori rata-rata harian anak adalah sebesar 1000 kkal hingga 2000 kkal.  Oleh karena itu jangan sampai asupan susu penambah berat badan anak 1 tahun melebihi dari jumlah maksimal asupan harian.

Mineral Kalsium dan Vitamin D

Kalsium memiliki peranan yang penting untuk meningkatkan massa pada tulang.sehingga  otomatis berat badan anak akan bertambah. Namun, keberadaannya harus diseimbangkan dengan vitamin D3 yang membantu penyerapan mineral ini secara maksimal ke dalam tulang.  Tanpa kehadiran vitamin D maka tidak proses ini tidak akan terjadi secara optimal.

Omega 6

Bentuk omega-6 yang ditemukan dalam susu jenis ini adalah  asam arakidonat atau AA. Penelitian menunjukkan bahwa asam Omega 6 ini dapat membantu meningkatkan massa lemak sehat yang ada pada tubuh anak. Sehingga dapat mempengaruhi berat badan buah hati.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan kebutuhan omega-6 usia 1 hingga 12 tahun adalah sebesar 7 sampai 12 gram per harinya. Jumlah ini dapat diperoleh dari asupan susu yang sesuai dengan saran penyajian.

Untuk anak usia 1 tahun diusahakan selalu memberikan asupan  dari sumber makanan segar yang diolah di dapur sendiri. Namun, jika ternyata cara ini tetap tidak mendapatkan hasil yang maksimal, maka orangtua dapat mempertimbangkan dengan bijaksana pemberian susu pertambahan berat badan anak 1 tahun.