Banyak orangtua yang mencari cara mendidik anak yang tepat. Sebab, tantangannya pada zaman ini sungguhlah berat. Orangtua bukan hanya berhadapan dengan Buah Hati saja, tetapi juga dengan zaman yang berbeda dengan apa yang pernah dialaminya. Ditambah perkembangan teknologi yang semakin mendominasi.

4 Cara Mendidik Anak

Pada prinsipnya cara mendidik anak yang tepat adalah dengan menyadari bahwa Buah Hati adalah pemilik masa depan. Sehingga, orang tua wajib mengetahui bagaimana  tantangan yang akan dihadapi oleh anak. Dengan demikian, Buah Hati akan mempunyai daya juang yang tepat agar dapat bertahan hidup.

Jadilah Role Model yang Tepat

Anak adalah peniru yang ulung. Jadi, sebagai salah satu cara untuk mendidik anak dengan tepat adalah dengan menjadi role model sesuai dengan apa yang hendak orangtua bangun. Misalnya, orang tua ingin anak senang membantu. Maka, yang harus ditunjukan adalah kedua orangtua senang bekerja sama.

Dengan melihat hal tersebut, maka anak akan memahami bahwa pekerjaan akan cepat selesai jika dikerjakan secara bersama-sama. Ia akan melihat bahwa untuk menyelesaikan suatu tugas, perlu adanya pembagian kerja yang adil. Anak juga akan mempelajari bagaimana caranya memberikan pujian atas hasil  yang baik.

Berilah Tanggung Jawab

Salah satu kemampuan yang perlu dipupuk adalah bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Maka, mulailah dari kecil memberikan anak pekerjaan yang harus diselesaikannya sendiri. Misalnya, membereskan mainannya ke dalam bak penyimpanan sehabis bermain.

Perlahan, akan terbangun bahwa setiap kali, ia selesai melakukan sesuatu pekerjaan, maka keadaan harus kembali seperti semula. Jika  ini dilanjutkan, maka anak akan tumbuh menjadi seorang yang selalu menyelesaikan tanggung jawabnya. Misalnya, mengerjakan PR, belajar, atau membereskan kamarnya sendiri.

Berilah Kepercayaan Untuk Mengerjakan Sesuatu

Pemberian kepercayaan akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri. Katakanlah dengan jelas, apa yang harus diselesaikannya atau apa yang akan menjadi tanggung jawabnya. Jika anak melakukan kesalahan, janganlah mengkritiknya, sebab ia akan merasa tidak dihargai kerja kerasnya.

Namun, bicarakanlah hal ini baik-baik menggunakan bahasa yang paling mudah dimengerti oleh anak. Sehingga, ia pun tahu bagaimana caranya memperbaiki diri,s serta mengutarakan argumen dengan sebaik mungkin. Hindari kata-kata yang menyudutkan sehingga anak menjadi seperti tertuduh.

Ajari Anak untuk Berpikir Rasional

Ajari anak untuk memahami suatu masalah dari sudut pandangan ilmu pengetahuan serta kebenaran secara universal. Dengan demikian, nanti ia akan dapat mempertimbangkan baik buruknya suatu keputusan, bukan untuk menyenangkan dirinya, tetapi untuk kebaikan bersama dengan alasan yang logis.

Cara mendidik anak yang tepat tidak dapat disamakan satu sama lainnya. Namun, orangtua dapat melihat prinsip-prinsip yang telah dibahas di atas. Kemudian, lakukanlah penyesuaian sesuai dengan usia, keadaan, serta kebutuhan anak itu sendiri.